Friday, December 2, 2011

Monitor LCD LG Mati Total

Punya Monitor LCD merk LG 17" kondisi Mati Total, gak ada indikasi Sama sekali. 

Berikut Solusi untuk Servis Monitor LCD merk LG mulai dari ukuran 15″ - 25″....yg Kondisinya Mati Total.

Soo Don't Wory....

Pada semua seri FLATRON LCD,kerusakan yg amat sering terjadi adalah kerusakan pada sistem regulatornya dan hampir terjadi pada semua type ( mulai 15″- 25″ ).Ini mungkin di sebabkan karena kerja monitor yang memang nonstop 24 jam terus tanpa istirahat sedikit pun.

Untuk memulai mereparasinya dapat anda ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Buka /lepaskan 4 buah baut di belakang panel.Baut ini mengunci casing panel belakang dengan box metal  dari rangkaian regulator dan inverter.
2. Buka casing monitor dengan cara menggunakan obeh pipih (Minus)untuk melepaskan kunci casing body di semua sisi body monitor.Karena monitor LCD ini tidak menggunakan baut sebagai pengunci body.seperti saat kita membongkar remote control.
3. Angkat casing belakang panel dan lepaskan soket J1 ,soket yg menuju tombol panel control disisi samping.
4. Lepaskan soket yang menuju perangkat LCD ( soket-soket inverter dan kabel data LCD )hati2 jangan sampai kabel data nya robek.
5. Buka box metal penutup blok regulator dengan cara melepaskan isolasi/perekat nya.
6. Buka baut PCB blok regulator ini agar dapat kita angkat/keluarkan dari dalam box pelindung ini.
7. Segera dapat anda lihat langsung ,ada beberapa elco 2-3 buah yang kelihatan menggembung, yaitu : C202 ( 470/25V ), c203 ( 680/25V ) dan C204 (1000/25V).
8. Ganti ketiga komponen tersebut, It’s finish then working….mudah bukan?..

Sebagai tambahan regulator ini menggunakan transistor utama type : STK 0765,bila sulit mencari penggantinya dapat anda gunakan TR FET type : FS 7UM atau FS10 UM.
Jika anda mendapatkan keluhan dari monitor LCD LG FLATRON type berapa saja,jangan ragu untuk mereparasinya karena hanya bagian ini saja lah yang sangat sering terjadi kerusakan.
Sangat mudah bahkan bagi para pemula sekalipun..

Sumber : Ilmu komputer.

Kerusakan Monitor di Bagian Regulator

Sekarang ini sudah mulai banyak orang yang beralih menggunakan monitor jenis LCD bahkan sekarang sudah ada teknologi baru yaitu monitor LCD dengan menggunakan LED sebagai backlight nya sehingga menciptakan gambar yang benar benar tajam.

Kerusakan pada monitor umumnya sering terjadi pada blok regulator. Pada blok ini di masing masing merk memiliki tegangan output masing masing. Untuk monitor LCD yang tidak bermerk (tidak terkenal) biasanya hanya menggunakan tegangan 5volt saja, namun untuk merk lain biasanya ada dua buah tegangan yaitu 5volt dan 12volt.










gb. rangkaian regulator.

Yang sering  ditemui adalah kerusakan monitor di bagian regulator atau sering disebut power supply. Jika pada bagian ini rusak, maka hal yang akan timbul adalah monitor seolah mati total padahal mungkin yang mati hanya regulator yang menyuplai tegangan ke rangkaian backlight.

Tegangan untuk main board dari monitor itu sendiri adalah 5volt selain tegangan itu biasanya adalah tegangan untuk backlight. Jika pada saat kamu menyalakan monitor tapi tidak muncul sama sekali gambar, jangan langsung memvonis mati total. Cek apakah lampu power indikator menyala. Jika menyala maka ada kemungkinan yang mati hanyalah backlight nya saja. Tapi jika lampu indikator menyala tidak wajar atau remang remang maka yang patut kita curigai adalah elco regulator yang kemungkinan sudah berubah nilai.

Solusinya : kamu bisa mengganti rangkaian regulator monitor kamu dengan rangkaian regulator DVD player asalkan tegangan yang terpasang ke mainboard dan backlight sama.


Sumber : Ilmu komputer.

BLANK PUTIH PADA MONITOR LCD DELL


Pada LCD monitor Dell E151FPB kerusakan yang sering di jumpai biasanya gambar blank putih , atau gambar putih dengan line vertical.
Yang dicurigai adalah block PCB yang menyatu dengan panel dan berisi komponen-komponen chip.
Solusi yang paling cepat yaitu ganti panel satu block. 

Tetapi coba Anda cermati lagi , kalau kerusakannya gambar blank putih atau gambar putih dengan line itu memang block panel tadi yang rusak. Tapi kalau gambar putih masih ada samar-samar gambar dari tampilan VGA PC atau bila panas ada perubahan , itu kemungkinan kerusakan terjadi pada capasitor block power supply.
( lihat gambar ).

Dua capasitor ( 1000UF/25V dan 470UF/25V ) ini mensupply voltage pada block videoboard dan juga block PCB yang ada dalam panel tadi. Jadi bila capasitor ini mengalami kerusakan akan mengakibatkan tampilan gambar putih dengan gambar dari PC samar-samar masih kelihatan , atau gambar blank putih tetapi bila di lakukan burn test ada perubahan , yaitu lama-kelamaan gambar dari PC akan kelihatan. Solusinya, ganti capasitor block power supply dengan yang sejenis.

Selamat mencoba...


Sumber: Ilmu komputer.